Awas HOAX! Cara Pintar Terhindar Dari Berita Hoax Di Media Sosial

Dalam beberapa waktu ini media sosial menjadi sasaran empuk pihak-pihak tidak bertanggung jawab untuk menyebarkan berita yang tidak jelas dan tidak terbukti kebenarannya alias HOAX! yang lucunya masih ada saja orang-orang yang gampang terpengaruh dengan berita-berita hoax tersebut. Melihat semakin maraknya hoax ini beredar kali ini saya akan memberikan sedikit tips terhindar dari berita hoax di medsos.

Cara ini adalah cara yang saya pakai untuk melindungi diri saya sendiri dari hoax! Sebelum masuk ke tipsnya saya akan sedikit mengingatkan anda bahaya dari berita hoax ini, orang yang sudah tercuci otaknya dengan berita hoax jika dia kembali menyebarkan berita ini maka dia akan membawa kerugian bagi orang banyak. Jika hal ini terjadi maka kemungkinan besar akan memecah bela hubungan anda dengan siapapun yang kebetulan tau bahwa berita yang anda sebarkan tersebut adalah hoax.

Cara membedakan berita hoax dan tidak


Jadi tips yang pertama, Jika anda melihat orang yang share berita di medsos jangan asal baca judul, coba cari tau dulu kebenarannya, cari informasi mendetail dari berita tersebut dimedia berita besar Indonesia. jika memang anda tidak menemukan apapun tentang berita itu, sudah dipastikan itu adalah HOAX dan jangan anda reshare artikel tersebut.

FANATIK, jangan terlalu fanatik terhadap sesuatu, hal yang terlalu anda percayai dan tidak ingin mencari tau lebih lanjut tentang hal tersebut membuat anda sangat mudah termakan berita HOAX!

Jika banyak yang menyimpulkan berita hoax biasanya gampang dilihat dari domain website yang terlihat abal-abal, berangkat dari itu sekarang para penyebar hoax ada yang lebih bermodal alias menggunakan domain berbayar, why? Banyak promo domain murah kok sekarang :D

Tetap pintar memilih berita, jangan terlalu fokus pada judul, dan yang paling penting cari dulu kebenaran berita tersebut!

Sekian dulu artikel tentang cara pintar terhindar dari hoax ini, semoga dengan artikel sederhana ini anda tidak lagi mudah termakan berita-berita hoax dan reshare artikel tanpa tau kebenaran dari berita tersebut.